Naskah pidato,ceramah agama


Assalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh

          Alhamdulilah-alhamdulilah hirabil alamin, asholatu washolatu wasalamu ngala asrofil amyai war mursalim syayidina wanabi muhamadin wa ngala alihi wasyohbihi ajekmain,ama bakdu

Puji syukur  kita panjatkan ke hadirat Allah swt yang telah melimpahkan rahmad dan hidayahNYA kepada kita semua. Tidak lupa Shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhamad SAW, Mudah-mudahan kita mendapat syavaatnya di hari yaumul kiamah. Allohuma amin.

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada saya untuk menyampaikan sebuah pidato yang berjudul “Islam dan Lingkungan Hidup”

Pertama Agama Islam adalah sebuah agama yang mulia disisi Allah, sesuai dengan asal katanya, aslama, yuslimu, islaman, yang artinya selamat, sejahtera atau damai. Maksudnya Allah SWT menurunkan agama Islam adalah agar seluruh umat manusia dapat hidup selamat, , sejahtera ,damai sampai dunia kiamat.

Dan Sebagai khalifah di dunia, manusia diciptakan Allah untuk menjaga kebaikan alam semesta dan bukan merusaknya. Dahulu, sebelum Allah Subhanahu Wata’ala menciptakan nabi Adam, para malaikat  khawatir kepada manusia yang hanya akan membuat kerusakan di muka bumi ini. Para malaikat  telah melihat contoh dari golongan jin yang telah ada di dunia jauh sebelum nabi Adam diturunkan, sehingga mereka khawatir manusia akan melakukan hal yang sama .


Description: http://www.dudung.net/images/quran/7/7_56.png

Hadirin yang dimuliakan Allah banyak ayat al Qur’an yang menjelaskan bahwa manusia tidak boleh membuat kerusakan di dunia ini . Salah satu di antaranya adalah ayat yang berbunyi:
 Artinya:“Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah Allah memperbaikinya” (QS. Al A’raf: 56). Kerusakan yang  dimaksud ada dua macam, yang pertama, kerusakan zhahiriah (material), dan yang kedua, adalah kerusakan batiniyah (spiritual). Kerusakan zhahiriah (material) dapat mengakibatkan bencana dan membawa kerugian yang besar bagi umat manusia. Tidak saja harta benda yang akan hancur binasa, akan tetapi jiwa raga pun dapat musnah karenaNYA.

Akhir-akhir ini, kerusakan alam yang telah nyata dan tidak diragukan lagi adalah apa yang diistilahkan manusia sebagai global warming, yakni pemanasan bumi secara menyeluruh, yang menyebabkan mencairnya es-es di Kutub, mengubah cuaca menjadi ekstrim dan tidak menentu, menaikkan permukaan laut,  menghancurkan kehidupan ikan-ikan di laut dan banyak lagi permasalahan yang mengerikan. Semua kerusakan itu semua karena ulah manusia yang rakus.

          Nah sekarang apakah ada solusi dari permasalahan diatas,tentu kita dapat menyelamatkan bumi ini dari global warming, yaitu ada lima solusi  yang pertama: Berhenti atau kurangi makan daging karena industri  peternakan penyumbang terbesar  pencemaran tanah dan sumber air bersih,batasilah emisi karbondioksida, tanamlah lebih banyak pohon, daur ulang dan gunakan ulang, gunakan alat transportasi yang ramah lingkungan.
Islam juga memerintahkan untuk menjaga lingkungan. Rasulullah SAW pernah bersabda: “Tiadalah seseorang yang menanam sebatang pohon, maka Allah ‘Azza Wajalla mencatat pahala baginya sebanyak buah yang dihasilkan oleh pohon itu.” (HR. Ahmad). Dalam hadis yang lain Rasulullah bersabda: “Tiadalah seorang muslim yang menanam sebatang pohon, kecuali apa saja yang dimakan dari pohon itu adalah sedekah baginya, yang dicuri dari pohon itu juga sedekah baginya, yang dimakan binatang buas juga menjadi sedekah baginya, yang dimakan burung juga sedekah baginya, dan tidaklah siapa pun yang mengambil dari pohon itu, melainkan itu juga menjadi sedekah bagi orang yang menanamnya.” (HR. Muslim)
Ada fakta bahwa sseorang vegetarian dengan standard diet kita akan menghemat 1,5 ton emisi rumah kaca setiap tahunnya

Demikian pentingnya menjaga keseimbangan alam serta  senangtiasa membiasakan hidup sehat dan  bersih. Yang terpenting adalah kita memberikan anak cucu kita tempat yang lebih baik untuk ditinggali. Kita itu masih punya kesempatan untuk melakukannya yang kita butuhkan hanyalah kemauan yang kuat untuk berubah.  Maha Suci Allah Yang telah menurunkan Agama Islam yang mulia untuk dijadikan pegangan bagi manusia-manusia yang dimuliakan-Nya      

Demikian pidato yang saya sampaikan semoga bermanfaat bagi kita semua,banyak salah kata mohon maaf yang sebesar-besarnya

Wal hitaufik wal hidayah

Wassalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh










9 Responses to "Naskah pidato,ceramah agama"

Contact Form

Name

Email *

Message *