Kewajiban Suami/ayah istri dan anak



 Kewajiban Suami/ayah istri dan anak menurut pandangan islam




Kewajiban Suami/Ayah
1.      Suami tidak membiarkan istrinya keluar rumah tanpa ada hal penting, karena istri merupakan aurat dan keluarnya dihadapan orang banyak menyebabkan dosa dan merusak kesopanan.

2.      Suami harus mengajarkan ilmu agama, terutama ilmu dalam beribadah yang wajib seperti cara beruwudhu, sholat, puasa dan lainya.

3.       Memberikannya makanan yang halal, karena makanan yang haram akan menjadikan daging yang tumbuh karenanya menjadi bahan bakar api neraka. Memberikannya pun akan diganjar pahala oleh allah SWT, Rosullulah Muhammad SAW bersabda, “ Dinar itu ada empat macam, yakni yang kamu nafkahkan di jalan allah, dinar yang kamu berikan untuk orang miskin, dinar yang kamu belanjakan untuk memerdekakan budak, dan dinar yang kamu nafkahkan untuk keluiargamu. Yang paling banyak pahalanya adalah dinar yang kamu belanjakan untuk keluargamu .”

4.      Tidak boleh menganiaya nya, karena istri adalah amanat baginya” Dari abul Qasim asy-syananadzi dengan sanad dari Al-hasan al-bashri dari rosullullah SAW ,” Berpesan pesanlah yang baik dengan para istri karena sesungguhnya mereka tidak memiliki apa-apa atas diri mereka sendiri di sisimu, dan sesungguhnya kamu mengambil mereka dengan amanat allah dan kamu menghalalkan kemaluan mereka dengan kalimat Allah SWT .”

5.      Bila timbul perasaan yang tidak baik, hendaklah bersabar dan anggaplah sebagai peringatkan baginya, jangan sampai terjadi yang lebih berbahaya dari yang telah terjadi.” Yang paling penting dan harus selalu di ingat oleh para suami adalah bahwa mereka adalah pemimpin dalam rumah tangga, suatu saat apa yang dilakukan terhadap istri mereka di dunia kelak akan diminta pertanggung jawaban nya di hadapan Allah SWT.

6.      Tentang memberi nafkah. Seorang ayah bertanggungjawab memberikan nafkah bagi anak-anak dan keluarganya, sedang ibu bertanggungjawab mengasuh anak-anak dan mengatur rumah tangga sebagai wakil dari suaminya. Tentang besarnya nafkah untuk anak dan keluarganya ini Islam tidak menentukan besarnya secara khusus, hal ini terserah pada kemampuan masing-masing.





Kewajiban Suami/Ayah kepada anak-anaknya :
·         Memilihkan bagi mereka ibu yang baik.
·         Memberikan nama yang baik.
·         Menyuruh anak-anak untuk mendirikan shalat
·         Mengaqiqahkannya pada hari ketujuh kelahirannya.
·         Mengkhitannya.
·         Menyayanginya serta bersikap lemah lembut terhadapnya.
·         Memberikan nafkah kepadanya.
·         Memberikan kepadanya pendidikan yang baik.
·         Mengajarkannya adab-adab islam.
·         Melatihnya untuk terbiasa menunaikan kewajiban dan sunnah islam.
·         Menikahkannya dengan pasangan yang baik.





















Kewajiban Istri kepada Suaminya
  1. Taat kepada suaminya
  2. Berusaha mencari keredhaan suami
    Nabi SAW bersabda yang bermaksud:
    "Siapa saja isteri yang meninggal dunia, sedangkan suaminya redha terhadap kepergiannya, maka ia akan masuk Surga."
    (Riwayat Tarmizi)
  3. Melaksanakan syariat (shalat, puasa, menjauhi zina) serta taat pada suaminya
    Nabi SAW bersabda yang bermaksud:
    "Apabila seorang isteri telah mendirikan sholat lima waktu dan berpuasa bulan Ramadhan dan memelihara kehormatannya (kemaluannya) dan mentaati suaminya, maka diucapkan kepadanya: Masuklah Surga dari pintu surga mana saja yang kamu kehendaki."(Riwayat Ahmad dan Thabrani)
  4. Taat pada suami, Memelihara harta suami, menjauhi tempat yang buruk
  5. Berbakti pada suami
  6. Menghindari dari mendapatkan kemurkaan suami
  7. Menghargai setiap usaha baik suaminya
    jika seorang isteri memperkecilkan usaha baik suaminya seperti dalam memberi nafkah dan memberi pakaian maka hancur leburlah pahala amal kebaikannya.
  8. Menjaga ucapan kepada suaminya, tidak membebani suami secara berlebihan, menjaga aurat, berbakti pada Allah, Rasul dan suaminya




Kewajiban Anak terhadap Orangtua

1.       Sayang Kepada Orangtua
Setiap anak harus menyayangi kedua orangtua yang telah dengan segala daya upaya berjuang membesarkan anak-anaknya agar kelak nanti menjadi orang yang berhasil di dunia dan di akhirat.
2.      Patuh Terhadap Perintah Orangtua
Orangtua akan sangat senang sekali jika anak-anaknya mau menuruti segala apa yang diinginkan orangtua.
3.      Menjadi Anak yang Baik
Anak yang baik akan menjadi kebanggaan keluarganya. Anak yang baik juga akan disukai orang-orang yang ada di sekitarnya baik di rumah, sekolah, tempat ibadah, keorganisasian, dan lain sebagainya.
4.      Rajin Belajar Menimba Ilmu
Walaupun tidak cerdas dan mempunyai prestasi yang biasa-biasa saja di sekolah, anak-anak yang tekun belajar tanpa disuruh-suruh bisa membuat orangtuanya bangga.
5.      Rajin Ibadah dan Mendoakan Orangtua
Orangtua akan sangat senang sekali jika anak-anaknya menjadi anak yang sholeh. Anak-anak yang memiliki keimanan dan ketakwaan yang kokoh serta selalu mendoakan kebaikan orangtuanya di mana pun dirinya berada.
6.       Berupaya Menjadi Orang yang Mandiri dan Mapan
Setiap orang harus bisa menjadi orang yang mapan dan mandiri ketika memasuki usia dewasa.
7.      Menjaga Nama Baik Keluarga dan Orang Tua
Rahasia keluarga yang tidak pantas diketahui oleh orang lain harus dijaga dengan baik agar keluarga tidak malu karena aibnya diketahui banyak orang.
8.      Memberi Nafkah Orangtua  Ketika Lanjut Usia
Di kala orangtua pensiun atau karena suatu hal tidak sanggup untuk mencari nafkah bagi dirinya dan keluarganya, maka orangtua akan sangat mengharapkan kebaikan dari anak-anaknya

0 Response to "Kewajiban Suami/ayah istri dan anak"

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *